Home » » Pemodelan dan Simulasi Sistem: Teori, Aplikasi dan Contoh Program Dalam Bahasa C

Pemodelan dan Simulasi Sistem: Teori, Aplikasi dan Contoh Program Dalam Bahasa C

Bermacam – macam topik mengenai pemodelan serta simulasi beserta aplikasinya dibahas dalam buku ini. Selain itu, materi pemodelan serta simulasi juga dibekali dengan contoh implementasi acara C / C++ yang kiranya akan tidak sedikit membantu pembaca dalam memahami materi. Meskipun penulis memakai kompiler Microsoft Visual C++ versi 6, tetapi acara – acara dalam buku ini bisa dieksekusi (run) pada sistem operasi serta kompiler lain semacam gcc (GNU C Compiler) dalam LINUX alias UNIX.


Pemodelan dan simulasi sistem begitu pesat berkembang dan aplikasinya telah meluas di beberapa bidang baik bidang pengetahuan alam semacam fisika, kimia, biologi, kedokteran hingga pengetahuan sosial semacam ekonomi, sosial dan politik. Hal ini terkesan dari website web MIT OCW (Massachusetts Insitute of Technology – Open Course Ware) , bahwa mata kuliah Pemodelan dan Simulasi telah menjadi mata kuliah harus di beberapa acara studi seperti: Aeronautika dan Astronautik, Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, Teknologi dan Ilmu Kesehatan, Teknik Mesin, Teknik dan Ilmu Nuklir.


Di Indonesia, materi pemodelan dan simulasi diberikan di acara studi Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Fisika, dan lain – lain. Sebagai prasyarat untuk memahami pemodelan dan simulasi, pembaca disarankan telah memahami kalkulus kesamaan diferensial, transformasi Laplace, transformasi Z, bahasa pemrograman C / C++. Penulis memilih implementasi dengan memakai bahasa pemrograman C / C++, bukan paket software software semacam MATLAB / SIMULINK yang hanya pakai (use only), sebab disamping bahasa C dan C++ dan OpenGL mendukung prinsip sumber terbuka (open source), juga pembaca bisa mendalami lebih dalam bahkan bisa membuatkan penelitian sendiri algoritma–algoritma dan prosedur-prosedur yang ada dalam implementasi pemodelan dan simulasi.

Harga : Rp 80.000

0 komentar:

Posting Komentar